Astaqfirullah.. Viral Seorang Pria Lanjut Usia Tidur Di Got dan Tidak Diakui Oleh Anaknya

foto dok : dinsos jakarta barat

Kisah pria lanjut usia (lansia) tidur di got di wilayah Jakarta Barat dengan kondisi yang sangat memprihatinkan viral di media sosial. Dia ternyata tidak diakui oleh anaknya.

Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Barat menyelamatkan pria lansia itu pada Kamis (7/12). Pria itu diketahui bernama Udjan Susanto, usia 74 tahun.

Udjan tidur di atas got beralaskan karton. Baju tidur yang dia kenakan dan alas tempatnya tidur itu sudah penuh kotorannya sendiri. Sangat memprihatinkan. Ujan tergeletak tak berdaya di depan SD Widuri Indah. 

"Ketika sampai di lokasi, lansia tersebut tiduran di atas saluran air (got) dengan kondisi sudah sakit dan sudah buang air kecil dan besar di celana," kata Petugas P3S Sudinsos Jakarta Barat dalam keterangan tertulis dari Dinsos DKI Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Sebelum membawa pria lansia itu, petugas P3S Sudinsos Jakarta Barat berkoordinasi dengan aparat kelurahan Duri Utara untuk mencari tahu keberadaan keluarganya. Pria ini mempunyai 3 orang anak, salah satunya tinggal di dekat lokasi.


"Namun menurut aparat kelurahan, anaknya sudah tidak mengakui lansia itu orang tuanya," kata Amir. Petugas pun menemui anak yang dimaksud untuk berdialog dan agar tidak menelantarkan orang tuanya sendiri, namun gagal.

"Anaknya bersikeras tidak mengakui lansia itu sebagai orang tua. Kami pun menyodorkan surat pernyataan kepadanya bahwa lansia itu bukan orang tuanya," jelas Amir. 

Pria lansia itu lalu diselamatkan dengan ambulans gawat darurat 112 Dinas Kesehatan. Dia kini dirujuk ke RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, untuk mendapatkan penanganan medis.

Berdasarkan keterangan dokter, lanjut Amir, lansia itu menderita diabetes akut tapi masih bisa berkomunikasi.

mir menyayangkan anak pria lansia ini tidak mengakui orang tua sendiri. Dari informasi yang dia dapat, pria ini memiliki 3 orang anak. 

"Satu orang di Kelurahan Duri Utara itu, seorang di Depok dan seorang lagi tempat tinggalnya jauh," ungkap Amir. Biasanya pria lansia ini tinggal bersama anaknya di Depok, Jawa Barat.

"Kemudian ia mau ke rumah anak yang satu lagi di Duri Utara, tapi anaknya menolak dan tidak mengakuinya sebagai orang tua. Alasannya lansia itu menyebalkan dan membuat malu anaknya karena sering membuat resah dan mengganggu orang lain," jelas Amir.[d]

Baca Tulisan Lainnya :



No comments