Menaker Sebut Tenaga Kerja Asing Indonesia Masih Aman



Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan tenaga kerja asing (TKA) yang ada di Indonesia berjumlah di bawah 100 ribu.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu khawatir akan tenaga kerja asing (TKA) yang ada di Indonesia.

"TKA kita di bawah 100 ribu, jumlah tenaga kerja asing di Singapura seperlima dari penduduknya, Indonesia di bawah 100 ribu yang penduduknya 263 juta, kita kecil sekali jadi aman," jelasnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Sektor yang memiliki banyak pekerja asing pun beragam. Salah satunya adalah pertanian serta industri.

"Yo macem macem ada di pertanian, industri, manufaktur, jasa, macem-macem," ujarnya.

Ia pun berkata bahwa perbandingan pekerja asing dengan tenaga kerja Indonesia (TKI) juga harus dilakukan di negara lain. Negara Malaysia contohnya, TKI yang bekerja disana mencapai jumlaj 5 juta orang.

"Itu 0,08% kok, dibandingin dong dengan negara lain, bandingin sama TKI kita, TKI kita di Malaysia saja 5 juta, orang Malaysia nggak ribut," terangnya.

Tenaga kerja yang berasal dari dalam negeri di Malaysia pun mencapai 5 juta, sedangkan Indonesia hanya ada 100 ribu. Hanif menambahkan, harus ada keadilan menyangkut tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia, sebab banyak juga TKI yang bekerja di luar negeri.

"TKA di Indonesia di bawah 100 ribu dari berbagai negara, masa kita mau ribut, yang fair dong," tutupnya. (dtk)

0 Response to "Menaker Sebut Tenaga Kerja Asing Indonesia Masih Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...